Wisata Alam Terbaik di Sumatera

Sumatra adalah pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia, dengan luas 473.481 km². Penduduk pulau ini sekitar 57.940.351 (sensus 2018).

Pulau ini dikenal pula dengan nama lain yaitu Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa. Kemudian pada Prasasti Padang Roco tahun 1286 dipahatkan swarnnabhūmi  dan bhūmi mālayu untuk menyebut pulau ini.

Selanjutnya dalam naskah Negarakertagama dari abad ke-14 juga kembali menyebut “Bumi Malayu” (Melayu) untuk pulau ini. Asal nama Sumatra berawal dari keberadaaan Kerajaan Samudra.

Diawali dengan kunjungan Ibnu Batutah, petualang asal Maroko ke negeri tersebut pada tahun 1345, dia melafalkan kata Samudra menjadi Samatrah, dan kemudian menjadi Sumatra, selanjutnya nama ini tercantum dalam peta-peta abad ke-16 buatan Portugis, untuk dirujuk pada pulau ini, sehingga kemudian dikenal meluas sampai sekarang.

Nama asli Sumatra, sebagaimana tercatat dalam sumber-sumber sejarah dan cerita-cerita rakyat, adalah “Pulau Emas”.

Istilah Pulau Ameh (bahasa Minangkabau, berarti pulau emas) kita jumpai dalam cerita Cindua Mato dari Minangkabau.

Dalam cerita rakyat Lampung tercantum nama tanoh mas untuk menyebut pulau Sumatra. Seorang musafir dari Tiongkok yang bernama I-tsing (634-713) yang bertahun-tahun menetap di Sriwijaya pada abad ke-7, menyebut Sumatra dengan nama chin-chou yang berarti “negeri emas”.

Sumatera yang terkenal dengan danau toba nya yang menawan, ternyata juga memiliki berbagai wisata alam lain yang belum banyak diketahui.

Nah, untuk kalian yang berencana berlibur ke pulau Sulawesi, di bawah ini kami akan berikan beberapa rekomendasi tempat wisata terbaik di Sumatera.

1.Lembah Harau

Lembah Harau

Di sini, kalian akan menemukan berbagai keindahan alam dan harta yang tersembunyi seperti kolam, air terjun, pegunungan, dan hamparan padi.

Lembah harau diapit oleh dua bukit yang menjulang. Di sini berjajar tebing-tebing granit terjal dengan ketinggian dari 80 m hingga 300 m.

  • Alamat: Kota Payakumbuh, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota.

2.Air Terjun Gadih Ranti

Air Terjun Gadih Ranti

Air terjun ini memilki ketinggian hingga 50 meter yang membelah permukaan air di bawahnya. Ada beberapa tingkatan dan lokasi air terjun yang berbeda-beda. Daerahnya juga dikelilingi oleh tanaman hijau yang merambat.

Aliran airnya tidak deras sehingga kalian bisa bermain dengan aman di sini. Ada pula kolam pemandian dengan nama Gadih Ranti yang terletak di atas air terjun.

  • Alamat: Nagari Tanjung Sari, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

3.Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Tempat ini merupakan sebuah kawasan bukit kapur dengan warna yang unik. Bentuknya mirip dengan danau serta memiliki tanah berwarna putih seperti salju.

Di tengah kawasan ini juga terdapat air panas berwarna biru kehijauan. Tempat ini belum begitu terkenal. Sayangnya, banyak warga setempat yang sering meminta uang kepada pengunjung yang datang.

  • Alamat: Desa Dolok Tinggi Raja, Kecamatan Silau Kahean, yang berada di ujung pelosok Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.

4.Gunung Sibayak

Gunung Sibayak

Gunung Sibayak merupakan salah satu wusata alam terbaik yang bisa kalian kunjungi. Apalagi untuk kalian yang menyukai petualangan.

Gunung ini popular karena keindahan dan tantangan yang ditawarkan. Di sini kalian bisa melihat matahari terbit yang indah dari puncak gunung serta dapat melihat kota Medan.

  • Alamat: Jaranguda, Merdeka, Karo, Sumatera Utara, Indonesia

5.Danau Ranau

Danau Ranau

Danau Ranau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung serta Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

Tempat ini merupakan perbukitan berlembah yang memiliki cuaca sejuk. di tengah danau terdapat pulau bernama Pulau Marisa.

Di sana ada sumber air panas yang sering digunakan para penduduk setempat maupun para wisatawan yang datang.

  • Alamat: Kabupaten Lampung Barat; Lampung; Indonesia Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan; Sumatra Selatan; Indonesia.

Nah, itulah berbagai rekomendasi wisata alam di Sumatera yang harus sesekali kalian kunjungi dan datangi. Karena, setiap tempat memiliki keindahan dan kecantikkannya masing – masing.

Tempat – tempat ini juga bisa kalian datangi dengan gratis ataupun berbayar. Namun, untuk yang berbayar tak perlu khawatir karena hanya dibanderol kurang dari Rp 10.000 an saja.

Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terutama bagi kalian yang saat ini sedang berencana berlibur ke sekitar pulau Sumatera.